sandwich sarapan pagi
2 Oct
2015

Banyak orang Indonesia yang masih bingung dalam memilih menu sarapannya. Tentunya kebingungan ini didasarkan atas tujuan mengkonsumsi sarapan tersebut. ada yang bertujuan untuk melakukan diet maka  ia tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah kalori yang berlebihan, ada yang bertujuan untuk mengenyangkan perut maka mengkonsumsi nasi lah yang ia inginkan, dan masih banyak lagi tujuan-tujuan lainnya dalam menyantap sarapan. Sarapan memang sangat dibutuhkan oleh semua orang karena sarapan akan memberikan energi setelah kurang lebih 7 jam beristirahat. Dan juga jika tidak melakukan sarapan akan sangat membahayakan kesehatan dan tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Namun pilihannya ada pada menu sarapan tersebut, apakah memilih roti yang biasa dibuat menjadi sandwich atau nasi yang dikonsumsi dengan lauk pauk ? berikut informasinya.

Kedua makanan ini sebenarnya sama-sama bagus untuk dikonsumsi di pagi hari karena memiliki  kalori yang cukup banyak, namun ada diantara kedua menu ini yang lebih baik dikonsumsi karena beberapa hal.

  1. Jumlah karbohidrat. Tentu kita sama-sama tahu apa itu karbohidrat. Namun jumlah karbohidrat dari nasi dan roti tentunya berbeda. Nasi memiliki karbohidrat yang rendah dan roti memiliki karbohidrat yang kompleks.
  2. Kadar gula. Semakin banyak mengkonsumsi nasi mengakibatkan anda merasa lebih lesu dan malas untuk beraktivitas. Hal ini dikarenakan setelah mengkonsumsi nasi maka akan ada peningkatan kadar gula darah berlebih dibandingkan dengan mengkonsumsi sandwich yang lebih menyegarkan dan menyehatkan.
  3. Jumlah serat. Roti dan nasi tentunya lebih berserat roti, baik itu roti putih atau yang berasal dari tepung terigu dan roti gandum yang berasal dari tepung gandum. Roti kaya karbohidrat kompleks yang juga merupakan sumber ari serat yang akan memperlancar pencernaan anda.
  4. Jumlah lemak. Lemak tentu akan dihindari jika anda sedang melakukan diet. Nasi mengandung lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan roti. Jadi bagi anda yang mengalami obesitas dan yang sedang menjalani diet sebaiknya hindari mengkonsumi nasi yang bisa membuat anda menjadi lebih gemuk. Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi roti seperti sandwich yang lebih rendah lemak dan lebih menyehatkan.

 

Menghitung asupan Sarapan pagi seperti jumlah lemak, jumlah serat, kadar gula, dan jumlah karbohidrat adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh para manusia untuk mendapatkan nutrisi yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan aktivitas keseharian. Tanpa sarapan seseorang akan terasa lemas dan tidak berenergi dalam beraktivitas dan kelebihan menyantap sarapan juga dapat berbahaya untuk anda karena dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Oleh karena itu sarapan harus dilakukan setiap pagi dan dalam jumlah kalori yang tepat. Salah satu menu sarapan yang baik adalah sandwich.

Mungkin berbeda dengan masyarakat bumi belahan barat yang lebih menyukai mengkonsumsi roti di pagi hari, masyarakat Indonesia lebih senang mengkonsumsi nasi di pagi hari. tidak ada masalah dengan hal tersebut selama jumlah nasi yang dikonsumsi tidak terlalu berlebihan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips mengenai sandwich yang lezat untuk anda yang ingin mencoba roti lapis sebagai menu harian sarapan anda.

Yang pertama tentu anda harus memilih roti yang sehat dan masih baru untuk dikonsumsi nantinya. Pilihlah roti yang memiliki protein yang tinggi, berserat, dan rendah kalori. Anda bisa mencoba roti gandum karena roti ini memiki kandungan serat yang sangat tinggi dan bagus untuk kesehatan anda.

Kedua, karena sandwich akan diisi oleh bermacam-macam sayuran serta daging maka anda perlu mencari isisan yang segar dan sehat juga tentunya. Selain untuk membuat roti lapis ini lebih lezat juga akan memberikan nutrisi yang bagus untuk anda. contohnya seperti gunakan daging-daging segar seperti daging sapi, daging ayam, atau kornet, dan juga sayur-sayuran serta buah-buahan segar. Buat ibu-ibu yang akan membuatkan roti lapis untuk anak maka anda perlu menyesuaikan jumlah sayuran yang akan anda letakkan sebagai isisan. Karena tidak semua anak senang dengan sayur-sayuran.

Dan yang terakhir adalah penggunakan margarin BLUE BAND dan juga tambahan bumbu agar rasa dari sandwich ini menjadi lebih lezat dan menyehatkan. Nah, itulah beberapa tips mengenai roti lapis yang mungkin bisa menambah pengentahuan anda sebagai menu sarapan. Semoga bermanfaat.

Reference: http://www.blueband.co.id/cerita/nikmatnya-sandwich-ala-vegetarian-untuk-sarapan-pagi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *