susu almond
29 Aug
2018

Kacang almond bukanlah komoditas lokal yang dihasilkan di indonesia, kacang almond umumnya di temukan di daerah timur tengah seperti Turki, Lebanon, Arab Saudi, Turki, Israel, dan Yordania. Namun karena kepopuleran dari kacang ini, kita di indonesia sudah bisa mendapatkan kacang tersebut di toko maupun supermarket.

Kacang almond merupakan jenis kacang yang paling banyak mengandung nutrisi dibandingkan dengan jenis kacang lain. Almond merupakan salah satu jenis kacang yang sangat bergizi, sumber yang kaya akan Kalsium, Vitamin E, Fosfor, Magnesium, Niacin, Selenium, Seng dan Tembaga.

Dari kandungannya yang kaya nutrisi dan vitamin, kacang almond dipercaya berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak manusia, mengontrol tingkat kolesterol, menjaga kesehatan tulang dan jantung, menjaga sistem kekebalan tubuh, melindungi dari radikal bebas, memperbaiki fungsi pembuluh darah, mengatur tekanan darah, anti-peradangan, menjaga stamina, mencegah kanker, melindungi dari diabetes, perawatan kulit, dll.

Di samping khasiat nya yang begitu banyak, rasa dari kacang almond yang juga enak membuat telah banyak jenis olahan kacang almond yang berkembang, mulai dari berbagai jenis cemilan, kue-kue, hingga minuman. Salah satu olahan kacang almond yang populer adalah olahan susu kacang almond.

Hampir sama dengan susu kedelai, susu kacang almond merupakan hasil dari olahan sari kacang almond. Minuman ini bisa di konsumsi sebagai pengganti susu sapi guna melengkapi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Karena cukup mudah untuk membuat susu almond di rumah, minuman satu ini cukup populer di kalangan ibu-ibu yang dan anak muda yang mulai sadar untuk menjaga kesehatan, bahkan di luar negeri sudah di buat dalam bentuk kemasan.

Kandungan Susu Almond

kacang almond sendiri sudah memiliki kandungan nutrisi yang kompleks seperti riboflavin dan L-carnitine yang baik untuk otak. Namun, secara umum, kandungan yang ada ketika sudah diolah menjadi minuman susu kacang almond adalah sebagai berikut:

kandungan segelas susu kacang almond

Protein 2 gram

Lemak 2,5 gram

Kalori 60 kalori

Serat 1 gram

Kalium 180 ml

Gula 7 gram

Kalsium 200 ml

Karbohidrat 10 gram

Perlu diperhatikan bahwa kandungan protein dari susu kacang almond lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi sehingga untuk balita, susu kacang almond tidak dapat menggantikan ASI maupun susu sapi.

Manfaat Susu kacang almond

  1. Menyehatkan jantung

Kandungan segelas susu kacang almond tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol, kandungan sodium yang juga rendah dan lemak sehat yang tinggi sangat baik untuk mencegah darah tinggi dan penyakit jantung.

  1. Memperkuat tulang

Secara umum kandungan kalsium dan vitamin D kacang almond lebih rendah dibandingkan susu sapi, namun ketika diolah menjadi susu kacang almond dengan ditambahkan beberapa kandungan kalsium dan vitamin D, membuat susu kacang almond lebih baik memperkuat tulang dibandingkan susu sapi. Hal ini membuat susu kacang almond bermanfaat untuk mencegah penyakit osteoporosis dan memperkuat tulang dan gigi.

  1. Mengurangi risiko diabetes

Susu kacang almond murni, memiliki kandungan gula karbohidrat yang relatif rendah, membuat minuman ini tidak langsung meningkatkan kadar gula darah secara signifikan, sehingga risiko terkena diabetes menjadi berkurang. Selain itu kandungan indeks glikemik yang rendah membuat karbohidrat dalam tubuh diolah menjadi energi dan tidak tersimpan sebagai lemak.

  1. Mengurangi risiko kanker

Kandungan Vitamin E dari susu kacang almond dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas yang memicu penyakit kronis seperti kanker. Kandungan vitamin E bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita.

  1. Mempercerah kulit

Selain mencegah kanker, kandungan Vitamin E susu kacang almond juga sudah mampu mencukupi setengah kebutuhan Vitamin E yang diperlukan tubuh. Vitamin E yang diserap tubuh kemudian akan sangat berguna untuk kesehatan kulit kita. Banyak produk kosmetik mengandung Vitamin E. Vitamin E dapat membuat kulit kita cerah secara alami.

Leave a Reply