29 Oct
2016

Cara Membuat Perkedel
Manfaat Pembelajaran Memasak bagi Anak

Manfaat Pembelajaran Memasak bagi Anak

Salah satu keistimewaan dari negara Indonesia adalah beragamnya daerah serta budaya. Dari perbedaan tersebut muncullah beberapa kelebihan. Salah satunya adalah kekayaan kuliner yang dimiliki Indonesia dari seluruh daerah yang ada. Untuk menjaga kekayaan kuliner tersebut, maka kita mesti mengajarkan resep makanan tradisional pada anak-anak kita sebagai generasi penerus. Dimulai dari masakan yang mudah seperti cara membuat perkedel, cara membuat pepes, cara membuat gado-gado, dan lain sebagainya yang masih banyak lagi masakan tradisional yang harus diturunkan rahasianya pada generasi penerus masing-masing daerah.

Salah satu cara yang dapat kita ajarkan kepada anak kita yaitu cara membuat perkedel. Cara ini terbilang cukup mudah dan tidak terlalu rumit serta tidak berbahaya bagi anak-anak. Selain itu, bahannya pun sangat mudah didapat. Mengajarkan keterampilan memasak pada anak memiliki manfaat yang sangat besar terutama bagi perkembangan psikomotor, afektif serta kognitifnya.

Pengaruh terhadap psikomotor anak dalam mengajarkan memasak yaitu dari keterampilan serta melatih bakat serta otak untuk lebih terampil dalam menggerakkan tangan supaya luwes dan ada keterpaduan antara gerak tangan dengan otak sebagai penggeraknya. Bagi afektifnya anak akan dilatih daya penghafalannya secara terus menerus. Apalagi bahan yang berwarna-warni serta aroma yang berbeda dari tiap bahan akan melatih kepekaan serta daya ingat anak. Selain itu pengenalan anak terhadap berbagai bahan yang dapat dimakan serta bahan yang sehat untuk dikonsumsi juga cara pengolahannya menjadikan aspek kognitif anak berkembang luas serta memperkaya ilmu secara tidak langsung dan tanpa disadari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *